Pendekatan
Dalam Melihat Perusahaan dan Pasar
Hubungan antara pengusaha dan pasar sangat erat, oleh
sebab itu perusahaan harus selalu memonitor lingkungan pasar yang berubah-ubah
dan secara terus menerus menyesuaikan bisnis mereka dengan peluang terbaik yang
ada.
Ada 2 pendekatan dalam
melihat keterkaitan perusahaan dan pasar :
Pendekatan
ini beranggapan bahwa perusahaan (produsen) merupakan hal terpenting atau
perusahaan sebagai titik sentral sedangkan masyarakat (konsumen) sebagai faktor
sekunder yang mengelilingi produsen, sehingga konsumen (masyarakat) yang
memerlukan bisnisnya, maka mereka akan mencari produk yang ditawarkan
perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan cara membeli apa
yang ditawarkan perusahaan.
Pandangan
ini sesuai dengan kondisi masa lalu dimana produsen masih langka sehingga apa
saja yang ditawarkan akan laku terjual. Kondisi pasar yang demikian dinamakan
pasar penjual (sellers market)
2.
Pendekatan Yang Berorientasi Pada Konsumen (Costomer
Oriented Aproach)
Pendekatan
ini beranggapan bahwa konsumen sebagai titik sentral sedangkan produsen sebagai
faktor sekunder yang harus melayani kebutuhan masyarakat.
Perusahaan
harus selalu memonitor perubahan lingkungan pasar dan menyesuaikan bisnis
mereka dengan perubahan yang terjadi, sehingga mampu melayani konsumen secara
lebih baik dibanding pesaing agar mampu bertahan hidup dalam kancah persaingan.
Penentu dalam bisnis adalah pembeli bukan penjual atau biasa dinamakan pasar
pembeli (buyers market)
Post a Comment