Lingkungan
Mikro
1.
Pemasok (suplier)
Pemasok adalah
perusahaan bisnis dan individu-individu yang menyediakan sumber daya (faktor
produksi) yang diperlukan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi
barang dan jasa.
Perkembangan dalam lngkungan pemasok akan mempunyai
dampak yang besar terhadap operasi perusahaan terutama daam biaya dan
tersedianya semua faktor produksi yang dipergunakan dalam bisnis perusahaan.
Biaya produksi dan tersedianya faktor produksi seperti
bahan mentah, sub perakitan, uang, tenaga kerja, dan faktor produkai lainnya
dipengaruhi oleh hubungan erat antara perusahaan dengan pemasoknya, oleh sebab
itu banyak perusahaan lebih suka membeli dari berbagai sumber untuk menghindari
ketergantungan terhadap satu pemasok yang mungkin akan menaikkan harga atau
membatasi suplai.
2.
Perantara
Perantara adalah perusahaan bisnis yang membantu
perusahaan menemukan pelanggan atau mendekatkan penjualan kapada perusahaan.
Macam perantara ada 2
macam, yaitu perantara agen dan perantara pedagang.
Perantara agen seperti agen-agen, pedagang
perantara (broker) dan wakil-wakil
produsen bertugas mencari pelanggan atau melakukan negosiasi kontrak tetapi
tidak melakukan pemindahan hal milik dari barang.
Perantara pedagang seperti grosir, pengecer, dan
perusahaan penjual kembali. Mereka membeli melakukan pemindahan hak milik, dan
menjual kembali barang-barang tersebut.
Secara khusus perantara menciptakan kemudahan tempat (place utility) dengan menempatkan produk
perusahaan ditempat pelanggan berada.
Menciptakan kemudahan waktu (time utility) dengan tetap buka dalam jangka waktu lama sehingga
konsumen dapat berbelanja kapanpun mereka mau.
Menciptakan kemudahan jumlah (quantity utility) dengan memecah produk perusahaan agar dapat
dibeli perpotong.
Menciptakan kemudahan pemilikan (posession utility) dengan menstransfer bagian produk ke konsumen
dengan bentuk transaksi yang mudah dengan pembayaran tunai yang sederhana tanpa
perlu tanda pembayaran.
3.
Pelanggan
Tujuan
perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar sasaran
yang dipilih perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Pasar sasaran perusahaan
dapat berupa satu atau lebih dari kelima jenis pasar pelanggan dibawah ini.
a. Pasar Konsumen
Individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa
untuk dikonsumsi.
b. Pasar Produsen
Organisasi yang membeli barang dan jasa yang
diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa lain dengan tujuan untuk mendapatkan
laba atau mencapai tujuan lain.
c. Pasar Penjual
Organisasi yang membeli barang dan jasa untuk dijual
kembali dengan mendapatkan laba.
d. Pasar Pemerintah dan
Pasar Non-Laba
Pemerintah dan lembaga-lembaga non-laba yang membeli
barang dan jasa untuk memproduksi jasa publik atau mentransfer barang dan jasa
ini kepada pihak yang memerlukan.
e. Pasar Internasional
Pembeli yang ada diluar negeri termasuk
konsumen,produsen, penjual dan pemerintah asing.
4.
Pesaing
Setiap
perusahaan akan mendapatkan sejumlah besar pesaing, termasuk disini adalah
perusahaan sejenis, perusahaan barang pengganti dan perusahaan lain yang
sama-sama menghendaki uang pembeli. Agar dapat berhasil perusahaan harus dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan jalan mengidentifikasi,
memonitor mengatur strategi untuk memperoleh dan mempertahankan loyalitas
pelanggan.
Perusahaan
harus memperoleh keunggulan strategi dengan mendapatkan posisi yang kuat
dibenak konsumen dibandingkan dengan tawaran pesaing dalam ingatan konsumen.
Post a Comment